Hari Musik Nasional

Penulis : Felicia Angelina / XI IPA/ 13

 

Kehidupan kita saat ini sudah terisi dengan berbagai jenis musik. Mulai dari berbagai genre, lirik, dan kisah di dalamnya. Pada tanggal 9 Maret 2022 ini, kita merayakan Hari Musik Nasional yang perayaannya sudah dirayakan sejak tahun 2013.

 

Hari Musik Nasional

Hari Musik Nasional merupakan bentuk apresiasi masyarakat terhadap karya-karya musik yang telah diciptakan oleh para musisi. Selain itu perayaan memiliki tujuan tersendiri yakni untuk memotivasi para musisi Indonesia baik mereka yang baru saja memulai karya mereka maupun yang sudah lama berkarya di bidang musik. Hari Musik Nasional ini diharapkan dapat memperluas musik-musik Indonesia baik secara nasional maupun internasional.

 

Pengambilan Tanggal 9 Maret

Hari Musik Nasional telah ditetapkan oleh presiden Indonesia ke-6 yakni Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 10 tahun 2013. Pada Keputusan Presiden tersebut, dicantumkanlah tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional yang sampai saat ini kita rayakan setiap tahunnya. Pada awalnya tanggal 9 Maret diambil dari tanggal kelahiran Wage Rudolf Soepratman yang merupakan pencipta lagu “Indonesia Raya” yang merupakan lagu kebangsaan negara kita, Indonesia. Namun setelah dicari tahu kembali, tanggal kelahiran W.R Soepratman sebenarnya ditetapkan pada tanggal 19 Maret 1903.

 

Musik Indonesia

Perkembangan musik saat ini sudah sangat berkembang pesat. Hari Musik Nasional diharapkan bisa menjadi simbol kebangkitan musik Indonesia, baik lagu-lagu daerah maupun nasional. Saat ini, musik pop sedang popular di kalangan masyarakat. Tak hanya karena musiknya yang sederhana, musik-musik pop juga mudah untuk dinyanyikan. Selain musik pop, kita tentu juga mengenal musik jazz yang biasanya memiliki melodi improvisatif di dalamnya. Musik jazz ini juga tak kalah populer dengan musik pop.

 

Gimana, sudah tertarik dengan dunia musik? Jangan takut untuk menunjukkan dirimu para musisi muda Indonesia. Kalian adalah orang-orang berbakat yang dinanti oleh masyarakat.