Makna Penting Hari Kartini

Penulis : Felicia Angelina / X MIPA 3

 

Setiap tanggal 21 April kita memperingati Hari Kartini setiap tahunnya. Banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam Hari Kartini seperti lomba, upacara, dan hal-hal lainnya.

Dalam merayakan Hari Kartini, banyak hal menarik yang dapat kita lihat. Namun sadarkah kalian bahwa makna yang dapat kita ambil dari perayaan Hari Kartini ini sangat bermakna bagi kehidupan wanita saat ini? Semangat perjuangan R.A Kartini sangat perlu kita tiru dalam memperjuangkan suatu hal termasuk cita-cita kita.

Makna Penting Hari Kartini

Orang-orang cenderung lupa akan makna penting perayaan Hari Kartini karena mereka melakukan itu hanya sebatas formalitas dan kesenangan belaka. R.A Kartini merupakan sosok wanita yang memperjuangkan kesetaraan gender pada masanya. Hasil-hasilnya itu bisa kita lihat dari banyaknya wanita karir di Indonesia.

Kesetaraan Gender

Dahulu ingatkah kalian bahwa perempuan tidak diperbolehkan sekolah. Namun lihatlah sekarang bahwa banyak wanita yang menjadi wanita karir sukses. Mereka bisa menempuh pendidikan yang tinggi dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Namun seringkali kita masih melihat kurangnya kesetaraan gender di Indonesia baik dalam hal ekonomi, budaya, maupun sosial. Maka dari itu sebagai manusia, hendaknya kita bisa saling menghargai satu sama lain.

Tidak ada yang salah dengan memperjuangkan kesetaraan gender, hal itu justru dapat membuat kehidupan kita lebih baik. Banyak perempuan di luar sana yang hendak mengeluarkan suaranya namun tidak didengar oleh siapapun. Kita bisa mewakilkan apa yang mereka inginkan dan katakana, sebagai bentuk bantuan dari diri kita masing-masing.

Dukungan pada Sesama

Orang-orang yang merasakan ketidakadilan sangat membutuhkan dukungan dari orang lain. Di perayaan Hari Kartini ini, mari kita mulai mendukung sesame kita terkhususnya perempuan. Mari kita mendukung sekaligus membantu mengurangi kesenjangan gender yang ada.

Semua perempuan memiliki mimpi dan berhak mengejar mimpi itu dengan pendidikan yang tinggi. Perbedaan gender seharusnya bukan menjadi hal yang bisa menghalangi mimpi mereka melainkan menjadi pelengkap antara perempuan dan laki-laki dalam melakukan pekerjaannya. Ada hal yang lebih ahli jika dilakukan oleh perempuan, begitu juga sebaliknya.

Yuk kita ingat ulang apa makna sebenarnya Hari Kartini ini, selamat Hari Kartini!