Aku dan Sedes di Tahun 2022

Delviana FJ – XI IPS 1 / 09

Hi Sedesian !

Kenalin aku Delviana FJ dari kelas XI IPS 1 J Di sini aku mau ceritain pengalaman pembelajaran di kelas XI secara online maupun offline. Jadi, di kelas XI semester 1 pembelajaran masih di berlakukan secara online, jujur di awal aku lebih suka pembelajaran secara online, tapi lama – kelamaan aku ngerasa bosen dan jenuh karena yaa… kalian tahu sendiri kita cuman bisa lihat layar laptop atau hp aja. Semua ada plus minusnya si, plusnya kalau lagi google meet kita masih bisa nyambi makan atau tiduran, lebih gampang buat nyontek pas ulangan juga kan hehehe, pagi-pagi juga nggak harus mandi atau siap” ke sekolah tinggal buka laptop dan masuk google meet aja selesai, minusnya kita nggak bisa berinteraksi  langsung sama temen – temen kita, berasa no life.

Nah, dari pembelajaran online ini aku juga banyak belajar untuk lebih tanggung jawab atas diri sendiri, belajar untuk mengatur waktu lebih baik lagi, karena aku pikir kita nggak akan terus – terusan hidup di rumah saja, suatu saat kita bakalan ngejalanin hidup “new normal” kayak dulu lagi, di masa depan nilai dan angka bukanlah hal yang terpenting tapi yang terpenting adalah karakter. Aku juga baru sadar kalau kesehatan mental kita pun sangat penting, dulu pas awal pembelajaran online aku memang seneng tapi lama – kelamaan aku ngerasa kesepian, kayak semuanya berjalan flat  aja nggak ada yang spesial, aku jadi lebih mood swing, lebih gampang ngerasa insecure , dan akhirnya pola makan dan tidurku pun terganggu. Dari situ aku tahu bahwa manusia nggak bisa hidup sendiri, kita semua butuh berinteraksi dan bantuan dari orang lain. Aku pernah denger kalau ada orang yang bilang dia bisa hidup sendiri berarti dia lagi bohongin diri nya sendiri, itu cuman omong kosong. Terus yang terpenting aku juga belajar buat lebih bersyukur, bersyukur atas apa yang sudah Tuhan kasih ke aku, kesempatan hidup yang masih Tuhan kasih.

Lanjut di semester 2 pembelajaran masih diberlakukan secara online tapi karena covid-19 udah terkendali kita akhirnya bisa ngerasain pembelajaran secara offline lagi, ada rasa seneng dan sedihnya. Senengnya aku bisa berinteraksi dan bertemu temen- temen yang lain. Bisa ngerasain hidup yang bener- bener kayak hidup nggak cuman ngelihatin laptop atau layar hp aja. Kalau sedihnya ya kalian tahu lah kalau ulangan nggak bisa nyontek sebebas dulu, terus harus bangun lebih awal buat siap-siap ke sekolah, pakai seragam juga harus lengkap nggak bisa cuman atasannya doang, kalau pelajaran nggak bisa disambi – disambi lagi kayak dulu, tapi aku ngerasa lebih seneng karena aku jadi nggak kesepian lagi, banyak energi positif yang bisa aku dapetin dari temen – temenku. Bisa eksplor lebih banyak lagi, punya semangat yang lebih buat jadi pribadi yang lebih dewasa.

Ternyata hidup nggak cuman soal kenyamanan. Hidup yang real itu sebenernya kayak roller coaster nggak bisa cuman stay gitu – gitu aja, ga bisa di tebak semua ada fase up and downnya. Itu yang bikin hidup jadi lebih seru, bewarna dan mendewasakan J

Jadi, kesimpulannya jangan pernah lupa bersyukur atas apa yang sudah Tuhan kasih ke kita. Ga perlu insecure sama kelebihan yang orang lain punya, nggak perlu iri atas pencapaian orang lain, jadiin itu motivasi karena tiap orang punya jalannya sendiri, limit gagal seseorang itu ada batasnya jadi gagal bukan akhir dari segalanya justru dari kegagalan itulah kita bisa belajar lebih dan lebih lagi. Jangan takut buat ngelakuin sesuatu kalau itu baik dan bener. Jadilah dirimu sendiri, jangan pernah berpikir buat nyenengin dan menuhin ekspetasi orang lain karna itu nggak akan mungkin tercapai dan akhir-akhirannya cuman bikin kita sakit hati aja.  Fokus ngembangin apa yang kita bisa. Kalau lagi capek dan lagi nggak baik-baik aja ya nangis aja, nggak perlu kok kelihatan baik-baik aja di depan orang lain, karena  kita tahu kemampuan dan batas diri kita. Jangan lupa buat jaga pola makan dan tidur karena itu penting. Jangan lupa buat nikmati masa-masa SMA apalagi kelas XI, tapi ya jangan keterusan semua ada batasnya okay!? Stay happy kiyowo

Kalau cerita kalian gimana gaes? Tulis yahh di kolom chat ! Sampai jumpa lagi semua !

Semangat dan pantang menyerah SEDESIAN!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *