Guru Inspiratif Bagi Kaum Muda,


Jonathan Wijaya yang akrab dipanggil Pak Yo, seorang guru yang menjadi sosok inspiratif bagi siswa-siswi SMA Sedes Sapientie Semarang. Ramah dan menyenangkan, itulah Beliau.


Pak Yo merupakan guru Matematika di SMA Sedes Sapientiae yang lahir pada 1 September 1996 di Kota Semarang. Kepribadian yang dimiliki Pak Yo diekspresikan melalui kegiatan menyanyi dan memasak. Pak Yo menempuh S1 Pendidikan Matematika di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Pak Yo telah mengajar di SMA Sedes Sapientiae selama lebih kurang 4 tahun, dimulai pada bulan Juli tahun 2019 lalu.


Salah satu pengalaman Pak Yo yang cukup menginspirasi ketika harus membiayai kebutuhan harian serta kuliah dengan bekerja sebagai guru les. Luar biasa semangat dan daya juangnya. Perjalanan karir Pak Yo yang paling signifikan dimulai saat lulus kuliah. Pak Yo dihadapkan pada tantangan mengajar yang terbilang ekstrem, yaitu di Salah satu SMA di Lampung. Situasi tersebut dikatakan ekstrem karena Pak Yo hampir tidak pernah keluar dari lingkungan Jogja -Semarang. Namun, pilihan inilah yang membuat seluruh proses Pak Yo lebih bermakna. Pak Yo juga mendapatkan awal karir yang penuh tantangan. Tapi yang terpenting adalah bahwa Pak Yo bisa bertahan, walaupun hanya setahun di Lampung. Setelah itu, Pak Yo mengajar di SMA Sedes Sapientiae sampai sekarang.


Pak Yo sangat aktif dalam komunitas OSIS, bahkan Pak Yo sudah pernah memimpin OSIS selama setahun ke belakang. Selain memimpin OSIS, Pak Yo juga pernah berpartisipasi dan menjadi pemimpin kegiatan kekeluargaan SMA Sedes pada tahun 2022 lalu.


“Proses belajar itu mungkin tidak enak jika dirasakan. Tapi manfaatnya luar biasa jika bisa diraih. Belajar juga bukan tentang angka. Jauh dari itu, belajar itu mengenai nilai- nilai kehidupan.”
“Hidup itu seperti air. Punya berbagai wujud dan rasa. Mudah dipengaruhi oleh hal lainnya. Tapi dia tetap air. Air bisa setenang cermin, juga bisa sekacau badai. Hidup itu seperti air, bisa berubah kapanpun.”

Fiorent, Gwen, Jesslyn, Metta


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *