Menumbuhkan Sikap Berani, Disiplin, dan Setia

Kemah merupakan kegiatan sekolah yang wajib diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X SMA Sedes Sapientiae Semarang. Kemah ini diadakan pada tanggal 8-9 Maret 2024, di Efrata Camping Hills, Suruhan, Keji, Kec. Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Selain siswa-siswi kelas X, kakak-kakak DKA ( Dewan Kerja Ambalan) dan pembina lainnya juga ikut berpartisipasi untuk membimbing adik-adik kelas X.

Kegiatan yang pertama kali dilakukan setelah sampai di tempat perkemahan adalah berkumpul di lapangan untuk pengumpulan HP dan upacara pembuka. Upacara yang dipimpin oleh adik-adik Calon Dewan Kerja Ambalan (CDKA) dapat berjalan dengan baik berkat ketekunan mereka dalam berlatih. Tak lupa juga kakak-kakak DKA yang dapat dengan cepat menangani segala kendala yang ada. Sayangnya pada saat upacara, banyak siswa-siswi yang sakit sehingga tidak bisa mengikuti keseluruhan rangkaian upacara.

Setelah upacara selesai, siswa-siswi kembali ke tenda untuk berganti pakaian dan bersiap untuk memasak makan siang bersama. Kegiatan masak-memasak dapat diselesaikan dengan sangat baik. Semua makanan yang tersaji terlihat appetizing! Setelah kenyang melahap makanan yang telah dimasak, kegiatan dilanjutkan dengan berbagai macam games seru yang dibagi menjadi beberapa pos. Setiap pos terdiri dari game yang berbeda-beda, seperti melindungi kertas dari lemparan air, PBB, tali temali, dll. Setelah seluruh games selesai, acara dilanjutkan dengan mandi sore.

Pada malam hari, kegiatan dilanjutkan dengan pentas tari semaphore dari masing-masing sangga putra dan putri dari setiap kelasnya. Setelah selesai pementasan dari setiap sangga, acara dilanjutkan dengan upacara api unggun di lapangan. Upacara api unggun berlangsung dengan khidmat. Api yang menyala besar melambangkan semangat adik-adik kelas X yang terus membara. Setelah kegiatan upacara api unggun selesai, kegiatan dilanjutkan dengan misi mencari bet Ambalan Soegijapranata di sekitar tenda. Setelah semua peserta kemah mendapatkan bet Ambalan, peserta baru dapat diperbolehkan tidur.

Keesokan harinya, seluruh peserta kemah mengikuti senam pagi bersama di lapangan. Setelah senam dan mandi pagi, sesuai dengan run down acara yang seharusnya, peserta didik kelas X bersama dengan kakak-kakak pembina akan pergi hiking. Namun dikarenakan kondisi cuaca yang tidak mendukung, kegiatan hiking terpaksa dibatalkan. Kegiatan hiking diganti dengan pemberian soal evaluasi untuk para peserta selama mengikuti kegiatan kemah di aula. Setelah evaluasi, seluruh peserta kemah termasuk kakak-kakak DKA dan pembina mengikuti upacara penutupan kegiatan kemah. Dilanjutkan dengan makan siang bersama sebelum mengakhiri kegiatan kemah, pada pukul 14.00 kami kembali ke SMA Sedes Sapientiae

Penulis:

Hildegardis Dewi Ayu Riyanti/X8/08
Keyla Lavinia Arianto/X8/14
Maria Angela Valencia Setiawan/ X8/ 20
Marsha Angelica M. X8/21

Editor: Evaristus


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *