Pancasila: Warisan yang Berharga, untuk Masa Depan Bangsa

Semangat Pancasila

Hari ini, 1 Juni 2024, bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila, momen yang sangat  bersejarah ini yang menandai lahirnya dasar negara kita. Di tengah gempuran digitalisasi, modernisasi,  dan globalisasi, peringatan ini menjadi pengingat penting untuk kembali meneguhkan komitmen kita terhadap nilai-nilai Pancasila. Harapannya semakin mempraktikkan semangat Pancasila bukan sekadar menghafal saja. 

Hari Lahir Pancasila merujuk pada tanggal 1 Juni 1945, saat sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) melahirkan Pancasila sebagai dasar negara. Lahirnya Pancasila merupakan hasil pergulatan pemikiran dan perdebatan panjang para pendiri bangsa, yang secara cermat merumuskan nilai-nilai luhur yang menjadi fondasi bagi Indonesia yang merdeka.

Di era modern ini, di mana berbagai ideologi dan budaya asing terus mengalir, peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momen penting untuk kembali merenungkan makna dan nilai-nilai luhur Pancasila. Pancasila bukan hanya sekumpulan kata-kata, tetapi merupakan pedoman hidup yang harus diterapkan  dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu, menurut Sedesian Hari Lahir Pancasila itu bermakna apa ya? Berikut tanggapan mereka.

Pendapat Stevia

Hari Lahir Pancasila merupakan salah satu hari paling bermakna terutama bagi warga Indonesia. Ini bukan hanya tentang kelima sila yang terbentuk, namun di balik kelahiran Pancasila, ada tekad dan semangat kuat dari pendiri bangsa untuk meninggalkan sebuah landasan dan dasar yang memampukan penerus bangsa untuk mempertahankan berdirinya Bangsa Indonesia. Pancasila adalah lambang dari sebuah keluhuran, komitmen, janji, kesucian,  serta persatuan dan kesatuan tekad rakyat Indonesia untuk terus mempertahankan eksistensi NKRI di mata dunia.

Ini Kata Livia X 8 (dokpri)

Pendapat Livia

Pancasila sangatlah penting bagi kehidupan sehari-hari karena merupakan dasar ideologi negara Indonesia yang terdiri dari lima sila. Pancasila berfungsi sebagai panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mencerminkan nilai-nilai luhur yang menjadi landasan moral dan etika bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebagai ideologi negara, Pancasila mengikat semua elemen masyarakat untuk menjaga kesatuan dan persatuan, menjunjung tinggi kemanusiaan, demokrasi, serta keadilan sosial. Pancasila juga merupakan landasan konstitusional untuk membangun Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera. Jadi, hari Pancasila sangatlah bermakna untuk setiap orang di Indonesia. Jika Pancasila tidak ada, bangsa Indonesia tidak memiliki pedoman di dalam kehidupannya.

Semoga dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila hari ini bukan hanya sekadar seremoni, tapi momen untuk membangkitkan semangat berjuang dan pengabdian kita kepada bangsa. Mari jadikan Pancasila sebagai kompas moral dalam kehidupan sehari-hari, pedoman untuk bertindak dan mengambil keputusan. #CahJun24

*Dari berbagai sumber.


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *