CERDAS DALAM BERPIKIR, BIJAK DALAM BERTINDAK DAN CEPAT TANGGAP TERHADAP SITUASI SEKITAR

Misa Awal Tahun pelajaran 2017 – 2018 hari Rabu, 26 Juli 2017 dipersembahkan oleh   Rm. Petrus Santoso Poncoprasetya MSF.

Romo San mengawali homili dengan mengatakan bahwa Yesus selalu berdoa sebelum melaksanakan pekerjaan besar. Maka kalau SMA Marsudirini Sedes Sapientiae Semarang memiliki tradisi mengawali tahun pelajaran dengan perayaan |Ekaristi, itu berarti sudah meneladan apa yang dilakukan Yesus. Perayaan Ekaristi dalam mengawali tahun pelajaran 2017-2018 ini berarti juga kita ingin melibatkan Tuhan Yesus dalam proses belajar yang akan kita jalani.

Selanjutnya Romo Santoso  mengupas tema misa yaitu Cedas dalam berpikir, bijak dalam bertindak dan cepat tanggap terhadap situsi sekitar. Tema ini menunjukkan niat keluarga besar SMA Marsudirini Sedes Sapientiae yang ingin bukan hanya mengembangkan kemampuan berpikir sehingga memiliki kecerdasan yang unggul, tetapi juga mengembangkan sikap bijak dalam bertindak dan cepat tanggap tehadap kebutuhan orang lain.  Bagaimana caranya?

Dalam Injil yang dibacakan, Yesus bersabda, “Barang siapa bertelinga hendaklah ia mendengar.” Memiliki telinga berarti memiliki kesempatan untuk dapat mendengarkan. Anda semua sudah mendapatkan anugerah dari Tuhan sendiri dengan mendapat kesempatan untuk sekolah di SMA ini. Dengan lolos seleksi penerimaan siswa baru berarti Anda telah dipilih untuk mendapatkan pendidikan di sekolah ini. tidak semua yang ingin di sekolah ini bisa mendapatkan kesempatan, maka  Anda diminta untuk menggunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya dan bertanggungjawab.  Hanya dengan demikian Anda bisa bertumbuh kembang menjadi pribadi yang ungggul. Menjadi garam dan terang dunia.

Belajar di SMA Sedes tidak hanya mengembangkan kecerdasan dalam olah pikir tetapi juga kecerdasan dalam bersikap dan bertindak. Sebagaimana bacaan Injil hari ini (Mat. 13: 15 – 17), salah satu implementasi dari Mars SMA Marsudirini Sedes Sapientiae Semarang yang hari ini Anda temukan adalah misa yang diiringi dengan musik gamelan/ karawitan untuk mengiringi koor dalam perayaan ekaristi hari ini. Maka kita semua diajak untuk menyelaraskan diri dari awal tahun pelajaran ini baik dengan Allah, sesama, maupun institusi sekolah demi meraih masa depan bersama.

Akhirnya  kami sampaikan ungkapan syukur kepada Allah atas aneka rahmat dan anugerah kasih-Nya yang melimpah pada kita semua keluarga besar SMA Marsudirini Sedes Sapientiae Semarang, disepanjang tahun pelajaran yang lalu hingga hari ini. Serta ucapan terima kasih kepada semua teman-teman yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung demi kelancaran perayaan ekaristi kudus hari ini.

Bangkong,    Juli   2017

Salam Fratellanza

Jarot S.L. – Anto P. – P. Bambang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.