INSEKTA 2017 “Berpikir Cerdas, Bertindak Bijak, Cepat, dan Tanggap”

Selamat ya bagi teman-teman yang berhasil naik kelas. Kita juga mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di SMA Sedes Sapientiae Semarang bagi adik-adik kelas X.

Di awal tahun pelajaran 2017-2018 ini, adik-adik kelas X mengikuti proses MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) selama seminggu dari hari Sabtu tanggal 15-22 Juli 2017. Acara ini bertujuan untuk membantu proses adaptasi di lingkungan sekolah seperti cara belajar, pergaulan, partisipasi dalam kegiatan sekolah, dll. Selain itu, acara tersebut juga bertujuan mengembangkan karakter anak sesuai visi misi dari sekolah kita yakni kebijaksanaan, unggul, persaudaraan.

“MPLS yang diadakan di Sedes dibuat berbeda dengan SMA lain, tentu perbedaan tersebut dalam hal baik, maka dari itu Sedes mengganti nama MPLS menjadi INSEKTA, Inisiasi Sedes Keluarga Kita.” Jelas Pak Wegig selaku pembina OSIS dan kegiatan MPLS. Dalam kegiatan INSEKTA ini, adik-adik diajak untuk lebih mengenal lingkungan Sedes selama 3 hari dan dilanjutkan dengan pembentukan karakter/ leadership selama 3 hari pula. Total selama 6 hari tersebut adik-adik kelas X berproses bersama untuk saling mengenal dan saling belajar menjadi pribadi yang lebih baik. “Walaupun begitu, proses belajar tersebut diharapkan tidak hanya bertahan saat MPLS saja, tetapi bisa menjadi sebuah kebiasaan yang diterapkan dalam tindak tanduk kita di kehidupan sehari-hari.” Jelas Pak Wegig menambahkan.

Guna membentuk perilaku anak menjadi lebih baik, Sedes mengadakan kegiatan MPLS ini dengan tema “Berpikir Cerdas, Bertindak Bijak, Cepat, dan Tanggap.” Tema tersebut sengaja dipilih karena melihat fakta yang ada sekarang bahwa perubahan dunia sudah begitu cepat tetapi perilaku anak untuk menanggapinya cenderung lamban. Melalui tema itu diharapkan anak-anak akan cepat dan tanggap untuk bisa menolong sesama yang membutuhkan.

Sejumlah 47 panitia INSEKTA-pun dipersiapkan sebaik-baiknya agar dapat menanamkan karakter yang sesuai dengan visi dan misi sekolah kita pada siswa baru. Namun, apa yang telah direncanakan tak selamanya berjalan dengan mulus. “Masih banyak anak yang egois, yang kurang peduli sama lingkungannya,” tegas Kartika selaku sie tata tertib. Sebagai panitia INSEKTA, Kartika dan panitia yang lain membantu para siswa baru untuk lebih memahami apa yang diharapkan sekolah terhadap mereka. Setiap sesi dipikirkan matang-matang agar siswa baru dapat memetik makna atau nilai dari setiap sesi tersebut. Game Kolosal salah satunya, mereka diajak untuk dapat bekerja sama satu dengan yang lain walaupun mereka berasal dari latar belakang yang berbeda. Mereka harus ingat bahwa mereka adalah satu keluarga yakni keluarga SMA Sedes Sapientiae Semarang. “Harus ingat siapa lawan, siapa kawan” kalimat itu yang kerap kali diucapkan panitia kepada para sedesian baru.

“Lewat kegiatan INSEKTA ini, aku bisa belajar untuk lebih menghargai waktu walaupun hanya semenit aja. Aku juga belajar untuk sabar dalam mengerjakan tugas yang banyak dengan penuh tanggung jawab. Selain itu, sifat fratellanza ditanamkan dengan kuat agar lebih menghargai nilai persaudaraan dengan sesama.” Demikian opini Vanessa, murid kelas X Bahasa.

Dalam penyelenggaraan INSEKTA ini, para panitia terus bekerja memberikan yang terbaik demi kelancaran kegiatan yang sudah direncanakan dengan melakukan brefing pagi sebelum acara dimulai dan evaluasi setelah acara berakhir. “Setelah berproses bersama selama 1 minggu, dapat tugas banyak, maka diadakan inagurasi. Di sana, adik-adik bersama para panitia bisa bersuka cita bersama. Ada sesi unjuk bakat dari setiap kelompok, hiburan dari para pengisi acara, pameran stand ekstrakurikuler dan komunitas yang ada di Sedes.” Jelas Natasha Vania, salah satu panitia inagurasi.

Dari kegiatan INSEKTA tersebut, para siswa lebih mengenal bagaimana lingkungan Sedes itu, bukan hanya dari sudut pandang lingkungan fisik saja, tetapi bagaimana pola kebiasaan dan pergaulan yang ada di Sedes. “Aku bangga bisa menjadi anggota keluarga Sedes karena tingkat kedisiplinannya tinggi dan punya banyak komunitas, berbeda dengan SMA lain.” Kata Laurent, siswa kelas X IPS 3.

“Semoga yang telah diberikan selama 1 minggu kemarin kepada teman-teman dapat bermanfaat dalam hidup kalian dan tentunya bisa lebih mendalami nilai cerdas berpikir, bijak bertindak, cepat dan tanggap. Selamat sedesian17 semoga sukses di SMA Sedes selama 3 tahun kedepan,” pesan Kartika untuk para sedesian baru. Acara INSEKTA ditutup dengan inagurasi yang pastinya memberikan kesan tersendiri bagi para sedesian baru dan tentunya bukan sekedar acara penutupan MPLS biasa. Acara inagurasi tahun ini bertajuk “CUSS, Cuz U R Sedesian” yang memberikan arti bahwa teman-teman kelas X kini sudah menjadi bagian dari keluarga besar SMA Sedes Sapientiae Semarang.

 

 

Dewi Melody/ XI Bahasa

Riska Delisa/ XI IPS 4

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.