UNBK

Hai sedesian! Kelas XII sudah selesai UNBK. Tepatnya pada tanggal 10-13 April 2017 lalu, mereka melaksanakannya.

Sebenarnya apa sih UNBK itu?

UNBK merupakan Ujian Nasional Berbasis Komputer yang dilengkapi perangkat lunak (software) dengan tingkat kesulitan yang sama dengan UN tertulis. Karena berbasis komputer , UNBK tidak memerlukan kertas dan ini merupakan penghematan. Juga tidak ada risiko keterlambatan penerimaan soal. Selain itu, UNBK dapat mengurangi kecurangan karena soal diacak. Jadi antara komputer yang satu dengan yang lain soalnya tidak terdapat pada nomor urutan yang sama dengan beberapa tipe soal yang bervariasi. Kemudahan didapat oleh peserta didik dari UNBK ini karena peserta tinggal menge-klik jawaban, tidak perlu menghitami bulatan jawaban secara manual. Dengan jaringan internet, hasil ujian dapat dikirim dan diketahui hasilnya lebih cepat.

Sekolah yang melaksanakan UNBK harus memiliki fasilitas berupa computer personal (PC) atau laptop, server yang memadai, jaringan lokal (LAN), koneksi internet, listrik yang memadai dan juga genset untuk mengantisipasi jika tiba-tiba listrik padam.

“Siswa-siswi tidak perlu khawatir dengan masalah teknis karena kita sebagai penyelenggara sudah mempersiapkan dengan baik, sehingga peserta UNBK hanya harus mempersiapkan diri dengan baik dan belajar lebih giat lagi,” ungkap Pak Evan sebagai teknisi pelaksanaan UNBK SMA Sedes Sapientiae Semarang.

Menurut Karel Valentino, UNBK itu mudah secara teknis namun harus didasari oleh persiapan materi, persiapan belajar juga disertai percaya diri dan mental.

Pelaksanaan UNBK juga tidak terlepas dari bocoran-bocoran soal. “Tidak usah peduli dengan bocoran soal yang ada, sebab kita hanya perlu belajar dengan sungguh-sungguh,” ujar Aya Dianita kelas XII Bahasa.

Bagaimanapun juga, UN dan UNBK merupakan kewajiban para siswa kelas XII yang harus dilaksanakan dengan jujur dan persiapan yang baik.

Selamat untuk kelas  12 yang sudah menamatkan studinya di tingkat SMA dan dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Tingkatkan prestasimu!  #salam3B

 

Berikut peringkat SMA Sedes Sapientiae hasil UNBK 2017 :

Jurusan Bahasa :

peringkat 1 tingkat kota dan kabupaten di antara sekolah swasta.

peringkat 1 tingkat kota dan kabupaten di antara sekolah swasta dan negeri.

 

Jurusan IPS :

peringkat 3 tingkat kota dan kabupaten di antara sekolah swasta.

peringkat 4 tingkat kota dan kabupaten di antara sekolah swasta dan negeri.

 

Jurusan IPA:

peringkat 6 tingkat kota dan kabupaten di antara sekolah swasta.

peringkat 9 tingkat kota dan kabupaten di antara sekolah swasta dan negeri.

Tim X-Pose ira & angel

————-

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.