Lomba Paramenta

Hai sedesian!!

Tanggal 11 – 16 September 2017 SMA Sedes Sapientiae Semarang mengadakan berbagai macam lomba dalam rangka memeriahkan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN). Acara ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Tema yang diangkat dalam BKSN kali ini adalah “Kabar Gembira di tengah Gaya Hidup Modern”. Lomba yang dilaksanakan antara lain mazmur, lektor, susun ayat, estafet firman, CCA (Cerdas Cermat Alkitab) dan paramenta yang diikuti oleh siswa kelas X, XI, dan XII. Salah satu lomba yang menarik adalah paramenta atau tata altar karena dalam lomba tersebut diajarkan bagaimana cara menata altar dan alat-alat yang digunakan dalam perayaan misa serta mengetahui fungsinya. Alat-alat yang harus dipersiapkan peserta dalam lomba tersebut adalah satu set piala, sibori, ampul, lavabo dan kain, dua lilin, madah bakti, salib kecil, Alkitab, buku TPE (Tata Perayaan Ekaristi) serta kain yang sesuai dengan tema liturgi.

Lomba paramenta ini dilaksanakan tanggal 16 September 2017 di Aula SMA Sedes Sapientiae dengan diikuti kurang lebih 30 kelas yang masing-masing mengirimkan wakilnya 5-10 orang. Lomba ini dimulai pukul 11.00 dan berakhir pukul 12.00 WIB.

“Seru, tapi rasanya ada yang kurang. Aku bisa mendapatkan pengalaman baru, semoga ke depannya lebih siap peralatan dan waktunya,” ungkap David X MIPA 1 yang menjadi salah satu peserta lomba paramenta. Pada saat lomba paramenta berlangsung, para juri berkeliling dan menghampiri replika-replika meja altar yang telah disusun oleh masing-masing peserta lomba untuk melakukan penilaian. Lomba ini diselenggarakan oleh SEUCCO (SEDES EUCHARIST COMMUNITY) yang merupakan salah satu komunitas di SMA Sedes Sapientiae.

 

Tim Sedes Press

1 thought on “Lomba Paramenta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.