Mengunjungi Soongduk Middle Girl School dan EWHA University Seoul Korea Selatan

Studi Banding guru-guru SMA Sedes Sapientiae Semarang

Selama sepekan, tepatnya dari 23 s.d. 30 Oktober 2017, guru-guru SMA Sedes Sapientiae Semarang berkunjung ke Korea Selatan.  Kegiatan utamanya studi banding ke Soongduk Middle Girl School dan EWHA University Seoul Korea Selatan, selain juga mengunjungi beberapa objek wisata seperti Gyeongbokgung Palace dan Nami Island.

 

Soongduk Middle Girl School

Soongduk Middle Girl School dikunjungi pada hari kedua. Kehadiran rombongan SMA Sedes Sapientiae Semarang disambut oleh mantan kepala sekolah, pernah menjabat selama tujuh tahun, beserta staff. Dia menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan tsb. Sambutan berbalas dari Ibu Lena selaku kepala sekolah.

 

Menyusul kepala sekolah Soongduk Middle Girl School memaparkan profil sekolah. Sekolah mereka memiliki semangat JOY: Jesus First, Others Second , You Third.  Sekolah ini merupakan sekolah Kristen yang didirikan sejak tahun 1950. Salah satu hal yang menarik bahwa untuk membangun karakter para siswi , tata krama ditekankan . Pada hari pertama tahun ajaran baru, semua siswi baru mendapatkan pendidikan budi pekerti dan tata krama selama sehari penuh. Selain itu, ada program Vision secara rutin para siswa mengadakan ibadah bersama di hall sekolah untuk mempertebal iman mereka. Dalam kegiatan ini orang tua murid juga dilibatkan.

 

Sedangkan untuk kegiatan yang banyak peminatnya, seperti ekstrakurikuler, para siswa harus memperlihatkan kemampuan mereka yang menunjukkan bahwa mereka layak mengikuti kegiatan tersebut. Mereka mengikuti semacam audisi.

 

Pada akhir diskusi, Ibu Lenawati selaku kepala sekolah menyerahkan kenang-kenangan. Sr. Beatrix OSF, M.M. selaku koordinator SMP dan SMA Perwakilan Bangkong menyerahkan satu set alat musik tradisional angklung.

 

Tak hanya mengikuti penjelasan,  para peserta studi banding juga diajak untuk berkeliling ke sejumlah titik lokasi penting salah satunya di gedung pertemuan (hall) yang sekaligus digunakan untuk kegiatan rohani. Gedung yang megah dan luas itu sangat representatif untuk berbagai kegiatan.

 

Ewha Womans University

Kunjungan dilanjutkan  ke  Ewha Womans Universit.  Perguruan tinggi ini merupakan salah satu universitas paling terkenal, terbaik dan terbesar di Korea. Ewha merupakan universitas swasta khusus wanita di Seoul Pusat, Korea Selatan. Ewha didirikan pada tanggal 31 Mei tahun 1886 oleh seorang misionaris Protestan dari Gereja American Methodist Episcopal yang bernama Mary F. Scranton. Ewha Womans University berawal dari sekolah misi untuk wanita

 

Rombongan diterima oleh Bagian Humas dari Ewha University di ruang sejarah Ewha. Di dinding ruangan itu terpampang foto-foto perkembangan universitas Ewha sejak awal berdirinya hingga kini.  Humas EWHA University memaparkan seputar perkembangan EWHA di antaranya, tentang  :

Sejarah berdirinya EWHA University , jumlah Fakultas yang ada di EWHA  dari mulai berdiri sampai sekarang, yaitu 18 fakultas : Fakultas Kedokteran umum, Kedokteran Gigi, Antropologi, MIPA, Biokimia, Ekonomi dan Bisnis, Teknik, FKIP, Seni dan Budaya, Sastra, Filsafat, Theologi, Kimia, Ilmu Kesehatan, Sosiologi, Farmasi, Desain, Hukum, Fisipol, Hubungan Internasional, Jurnalisme, Komunikasi, Psikologi, Humas, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Statistik, Studi ASEAN, Studi Wanita, dan Musik. Juga tentang perkembangan gedung kampus dari masa ke masa sampai sekarang.  Salah satu keunikan kampus Ewha adalah bahwa Ewha merupakan kampus bawah tanah terbesar di Korea, 6 tingkat ke bawah tanah : tempat perpustakaan, toko buku, olahraga, bioskop, kafe, ruang kuliah dan fasilitas budaya lainnya.

 

Di akhir kunjungan rombongan menyaksikan slide seputar EWHA University, dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dari kedua belah pihak. Kemudian rombongan diberi dipersilakan untuk berkeliling dan berfoto di kompleks kampus EWHA University.

 

Lawatan ini merupakan salah satu program sekolah sebagai bahan pemikiran sekaligus masukan demi perbaikan mutu pendidikan SMA Sedes Sapientiae.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.