Kemah Pramuka kelas XI : MEMBANGUN KARAKTER SEDESIAN MELALUI KEMAH PRAMUKA

Sejumlah 263 siswa kelas XI mengikuti kemah pramuka pada tanggal 9 s.d. 11  Maret  2018 masih bertempat di kompleks KOLAT/ KODAM IV/ DIPONEGORO  Bantir Sumowono. Orientasi lingkungan, ajaran sosial gereja, analisis sosial, game kolosal, caraka malam, survival, penyusunan program sosial dan presentasi, api unggun, refleksi dan outbond merupakan deretan mata acara yang mengarah pada tema “Pramuka Membangun Budaya Kasih dalam Semangat Persaudaraan ”.

Peserta kemah didampingi oleh  tujuh guru pembina, 30 Dewan Kerja Ambalan (DKA) SMA Sedes Sapientiae Semarang. Sedangkan Tim Pemateri dari unsur TNI, Tim Saka Dirgantara, Tim Saka Ubaloka dan DKA Kwarcab Kota Semarang.

Peserta kemah  sudah pernah mengikuti kegiatan kemah sebelumnya pada waktu kelas X sehingga mereka sudah punya bayangan seperti apa kegiatan yang akan dialami. Namun ternyata tidak demikian. Jadwal padat sekali. Setiap kegiatan dibatasi waktunya. Contohnya,  untuk beristirahat saja waktu mereka sangat  terbatas. Waktu makan sangat dibatasi dengan tata tertib makan ala militer, yaitu duduk dengan posisi tegak, tidak membungkuk saat makan. Seluruh isi piring : nasi, sayur dan lauk harus dihabiskan juga minumnya. Kegiatan semacam itu mengajarkan peserta agar mampu menginterpretasikan setiap instruksi juga untuk membangun disiplin peserta.

“Dalam kegiatan kemah ini ada aturan peserta tidak boleh membawa HP. Menurut saya , ini sangat bagus karena tujuannya melatih peserta untuk membangun interaksi dengan orang-orang di sekitarnya sehingga bisa menekan sikap individualisme. Juga melatih teman-teman untuk memiliki kesadaran  terhadap kehadiran orang lain sehingga bisa membangun jiwa korsa dan kerja sama,”jelas Valentine Frany Sagisa Gomies, salah satu anggota DKA.

Lain lagi dengan pendapat Kartika, peserta dari kelas XI IPS 4, “Saya seneng dengan kegiatan kemah soalnya bisa membuat kita jadi disiplin. Tapi yang paling saya sukai kemah membuat kita bersatu  dengan alam dan itu bikin saya merasa nyaman.”

Harapannya melalui kegiatan kemah terjalin kesinambungan kegiatan mulai sejak awal  masa orientasi peserta didik (MOPD), kegiatan kepramukaan  dan kegiatan perkemahan dari kelas X, XI hingga kelas XII,  yang menghantar peserta didik berproses untuk mendapatkan karakter khas SMA Sedes Sapientiae Semarang : 3 B Bersaudara, Berprestasi, Bijaksana.

Yan  Ant

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.