Refleksi Peringatan Pesta Nama

REFLEKSI PESTA NAMA SEDES SAPIENTIAE, 8 JUNI 2020

“Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu.” Inilah salah satu kebijaksanaan Bunda Maria. Ia berani memilih yang benar meskipun menyadari kesulitan-kesulitan yang akan dihadapinya. Sebenarnya ada pilihan lain yang lebih mudah, yaitu menolak panggilan menjadi Ibu Tuhan yang disampaikan Malaikat Gabriel. Tetapi itu tidak dipilihnya.

Sebagai lembaga pendidikan, disaat situasi memaksa kita harus melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh seperti sekarang ini, kitapun dihadapkan pada dua pilihan. Apakah kita memilih menjadi lembaga pendidikan yang sekedar menjual franchise yaitu menjual formalitas, sehingga PJJ cukup dilakukan dengan memberi tugas, entah itu tugas mencari materi ajar, tugas mengerjakan soal, tugas mengerjakan proyek dan tugas-tugas yang lain demi penyelesaian kurikulum. Ataukah kita memilih menjadi lembaga pendidikan yang menjual jasa pelayanan pendidikan.

Pelayanan pendidikan yang selalu mengupayakan agar anak bisa belajar hal yang berguna bagi hidupnya. Sebagai insan Sedes Sapientiae tentu pilihan kedua yang akan kita pilih. Ini pilihan tidak mudah. Tidak cukup hanya dengan niat baik saja. Tetapi membutuhkan kerelaan untuk mau memberi lebih.

Dalam Injil Markus hari ini, Yesus bersabda, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin itu memberi lebih banyak daripada semua orang yang memasukkan uang ke peti persembahan sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya: semua yang ada padanya, yaitu seluruh hartanya.”

Seorang janda yang memberi dari kekurangannya menjadi contoh yang unggul bagi kita. Kita diajak untuk berani memberi dan berbagi, justru disaat yang tidak mudah dan penuh keterbatasan seperti sekarang ini. Kita diajak untuk berani memberikan pelayanan pendidikan yang unggul bagi anak-anak yang dipercayakan kepada kita dengan segala yang ada pada kita. Meski tidak mudah, kita yakin kita bisa karena kita adalah sedes sapientiae.

Selamat pesta nama. Deus Providebit.

Ditulis oleh:
Drs. Jarot Suryo Legowo