INSEKTA (INISIASI SEDES KELUARGA KITA)

Masa Orientasi Peserta Didik ( MPLS atau di SMA Sedes Sapintiae dikenal dengan sebutan Insekta ( Inisiasi Sedes Keluarga Kita) merupakan kegiatan bagi para siswa baru untuk mengenal berbagai macam dimensi mengenai lingkungan sekolah yang baru. Mereka tidak hanya mengenal sarana dan prasarana fisik namun yang terpenting mengenal semangat dasar berupa visi dan misi sekolah yang akan membantu proses pembentukan karakter diri mereka sebagai pribadi yang utuh dan dewasa. Tema yang diambil pada Insekta tahun ini ialah “ Aku Pribadi Tangguh Bersaudara dengan Sungguh di Era Ketidakpastian” . Tema ini diangkat karena melihat kondisi pandemi Covid-19 yang terus meningkat dan memberikan ketidakpastian . Namun di ketidakpastian saat ini peserta didik SMA Sedes Sapientiae diharapkan tetap menjadi pribadi yang tangguh yang tidak mudah mengeluh mengahdapi ketidakpastian saat ini. Melalui kegiatan Insekta peserta didik baru diharapkan dapat mengenal lebih jauh tentang SMA Sedes Sapientiae , terutama menegnai penanaman nilai-nilai Spiritualitas sekolah.

            Adapun Tujuan Insekta antara lain

  1. Mengenali Visi dan Misi Sekolah dan nilai-nilai yang ditumbuh kembangkan di SMA Sedes Sapientiae;
  2. Memahami panduan Akademik atau Kurikulum;
  3. Memahami dan menaati peraturan sekolah dan budaya yang ada di SMA Sedes Sapientiae;
  4. Mengenali dan membangun persaudaraan dengan seluruh komponen/warga sekolah;
  5. Menghidupi Spiritualitas Santa Maria Sedes Sapientiae, Ibu Magdalena Daeman,dan Santo Fransiskus Asisi;
  6. Memahami sarana dan prasarana sebagai penunjang proses belajar;
  7. Mengenal Organisasi dan Komunitas yang ada di SMA Sedes Sapientiae;
  8. Pengembangan Kepribadian dan penanaman karakter terkhusus: kerja keras,disiplin, dan mandiri;
  9. Menyiapkan orang muda dalam mempersiapkan diri menghadapi revolusi industri 4.0; dan
  10. Menumbuhkembangkan loyalitas, kreativitas, dan rasa cinta pada sekolah.

Kegiatan Insekta  dimulai pada hari Senin tanggal 12 Juli 2020,  dengan pertemuan virtual yang dihadiri sekitar 874 peserta yang terdiri dari, peserta didik baru, panitia , siswa-siswi SMA Sedes Sapeintiae kela XI –  XII serta para dewan guru. Pertemuan virtual tersebut  diawali dengan sambutan oleh bapak Kepala Sekolah , yakni Drs. Andreas Jarot Suryo Legowo dan dilanjutkan dengan video perkenalan dewan Guru serta tata tertib peserta Insekta #6 yang disampaikan oleh panitia .

Selain Kepala Sekolah SMA Sedes Sapientiae yang memberikan sambutan kepada peserta didik baru, terdapat juga sambutan dari Bapak Suyanta,S.Pd, M.Pd Seketaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Dalam video yang berdursi kurang lebih 5.41 menit, beliau menyampaikan seluruh peserta didik harus tetap tegar ditengah pandemi covid 19 dan berperilaku ketedalanan yakni menjaga prokes sesuai arahan bapak Gubernur. Selain itu Pak Suryanta juga menjelaskan selama MPLS peserta didik juga akan dikenalkan dengan guru-guru, kurikulum sekolah, sarana dan prasarana sekolah yang semua itu akan menuntun peserta didik baru ke masa depan baik dalam pendidikannya maupun dunia kerja. Dalam MPLS ini perserta didik diharapkan pertama,  mengerti impiannya apa, dan impian itu akan menjadi kenyataan. Tidak hanya itu dalam jenjang pendidikan anak anak akan diajari untuk berkarakter sehingga memiliki karakter. Kedua anak anakdiharapkan  memiliki kompetensi  dan yang ketiga yakni berinteraksi. Pak Suyanta mengatakan bahwa karakter, kompetensi dan berinterkasi, hal ini yang membawa peserta didik baru menuju impiannya.