5 Ide Dekorasi Natal Murah Meriah, Buat Rumahmu Makin Indah

Penulis : Elisabeth Jessie N. S.

Ilustrasi Dekorasi Natal (Unsplash/Rodion Kutsaev).

Suasana Natal yang penuh dengan keterbatasan selama dua tahun terakhir karena pandemi mungkin membuat sebagian besar orang merasa bosan. Rencana-rencana liburan dibatalkan karena adanya pembatasan aktivitas masyarakat yang diberlakukan pemerintah, termasuk libur kali ini.

Liburan akhir tahun selalu identik dengan perayaan Natal. Hari Raya Natal yang biasanya dirayakan secara meriah tiap tanggal 25 Desember di berbagai tempat kini tidak bisa kita nikmati sepenuhnya seperti dulu. Namun, jangan kecewa dulu. Sebenarnya, kamu bisa melakukan beberapa hal supaya suasana Natal di rumahmu tetap kental, loh, antara lain dengan memasang hiasan-hiasan Natal.

Sayangnya, kebanyakan orang masih berpikir bahwa membuat hiasan Natal pastilah memakan biaya banyak dan merepotkan. Oleh karena itu, di artikel ini akan direkomendasikan 5 hiasan Natal yang simpel, murah, bermakna, dan bisa mempercantik rumahmu.

Ilustrasi Christmas Candle (Unsplash/Martha Filipzyck).

Christmas Candle

Bahan utama yang diperlukan hanya lilin batangan dan toples plastik kecil. Kamu bisa menemukan bahan-bahan tersebut di marketplace online maupun toko-toko di dekat rumahmu. Pasangkan lilin di dasar toples, kemudian tambahkan hiasan-hiasan di sekitar toples untuk memperindah tampilan. Budget untuk hiasan ini tidak lebih dari Rp10.000,00 loh.

Ilustrasi Kaus Kaki Natal (Unsplash/Donna Spearman).

Gantungan Kaus Kaki

Kaus kaki memang telah menjadi tradisi sebagai hiasan Natal sejak kisah St. Nicholas. Kamu juga bisa membuat hiasan kaus kaki dengan simpel untuk menghias rumah, loh. Siapkan kain flannel beberapa warna, benang jahit, dan jarum, lalu buat pola kaus kaki dan mulai menjahit. Untuk finishing, kamu bisa menambahkan dengan hiasan dari payet maupun potongan-potongan sisa flannel. Budget untuk hiasan ini sekitar Rp20.000,00 saja.

Ilustrasi Kreasi Pohon Natal (Unsplash/Visual Stories || Micheile).

Pohon Natal Buatan Sendiri

Selain membeli pohon pinus sintetis di mall atau toko properti, sebenarnya kamu juga bisa membuat pohon Natal sendiri, nih. Bahan yang digunakan bisa dari kertas, tongkat kayu, dan sebagainya. Kamu bisa melihat berbagai macam tutorial membuat DIY Christmas Tree di YouTube untuk mencari inspirasi. Budget untuk membuat pohon Natal ini sangat relatif karena tergantung dari bahan apa yang kamu gunakan.

Ilustrasi Bola Salju (Unsplash/Mathilde Langevin).

Bola Salju Gemerlap

Jika kamu ingin membuat bola salju dalam jumlah banyak dengan harga murah, kamu bisa menggunakan bola plastik warna-warni kecil yang biasa digunakan untuk mandi bola, kemudian taburkan glitter atau hiasan lain untuk mempercantik bolamu. Kamu bisa mengkreasikan berbagai macam pola hiasan untuk mempercantik bola-bola salju. Budget untuk hiasan ini di bawah Rp10.000,00.

Ilustrasi Christmas Welcoming Crown (Unsplash/Erwan Hesry).

Christmas Welcoming Crown

Pada dasarnya kamu hanya perlu membeli Christmas tinsel untuk membuat hiasan ini. Kerangka lingkaran bisa dibuat dengan memanfaatkan kardus bekas yang ada di rumah. Setelah itu, kamu bisa menambahkan hiasan-hiasan kecil lain untuk mempercantik Christmas welcoming crown ini supaya bisa dipajang di depan pintu rumah. Budget untuk membuat hiasan ini di bawah Rp20.000,00 saja, loh.

Itulah 5 ide dekorasi Natal yang bisa kamu coba untuk mempercantik rumahmu pada bulan Desember ini. Hiasan mana yang ingin kamu buat?