Pantang Pulang Sebelum Padam

Foto Bersama

Hai Sahabat X-Pose,

Kalian pasti tau jagoan yang melawan kebakaran kan ? Ya, Pemadam Kebakaran.

Hari kamis, 10 Oktober 2019 yang lalu tim X-Pose berkesempatan mengunjungi kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang.

Ternyata menjadi pemadam kebakaran tidak mudah lho teman – teman. Perlu persiapan yang matang agar siap bertugas menjadi penyelamat. Apakah diantara kalian, ada yang bercita – cita menjadi seorang pemadam kebakaran ? Kira – kira apa aja yang harus dipersiapkan dan informasi yang perlu kita ketahui ya ? Yuk simak penjelasan dibawah ini dari Kepala Bidang Operasional dan Penyelamatan, Trijoto P. Sakti.

Siapa nih yang sampai saat ini berpikir bahwa pemadam kebakaran hanya bertugas meredakan api ? Perlu diketahui, sebagai seorang pemadam kebakaran mempunyai tugas yang banyak, antara lain memeriksa alat bahaya di berbagai tempat, menyelamatkan korban dari bencana, dan menyelamatkan hewan juga. Sebelum menjalankan tugas nya, petugas pemadam kebakaran perlu mempersiapkan mental, mempunyai pengetahuan – pengetahuan seputar penyelamatan, serta mengenakan pelindung diri secara lengkap. Hal ini diperlukan karena risiko menjadi pemadam kebakaran berhubungan dengan nyawa. Pelatihan menjadi petugas pemadam kebakaran di lakukan dalam waktu 3 bulan di Ciracas, Jakarta. Disamping itu, seorang pemadam kebakaran setelah mempertaruhkan nyawa nya dalam bertugas, akan merasa senang saat semua yang di tolong dapat terselamatkann. Sampai saat ini, semua tugas yang berhubungan dengan pemadam kebakaran di Semarang, dapat terkendalikan. Namun, ada kalanya terdapat korban jiwa sehingga membuat sedih para petugas pemadam.

Dalam bertugas menjadi seorang pemadam kebakaran, perhitungan waktu juga sangat diperlukan. Dalam 15 menit, pemadam kebakaran harus sudah sampai ke TKP. 15 menit tersebut mencakup 3 hal yaitu pelaporan peristiwa, petugas damkar perjalanan ke TKP, dan damkar siap bertugas ( sudah menggunakan pelindung diri ). Terdapat beberapa permasalahan yang dapat menghambat perjalanan damkar ke TKP, yaitu jalan mengalami kemacetan, serta pengendara kurang memahami tentang peraturan yang memprioritaskan mobil damkar di jalan.

Nah, bagi sahabat X-Pose yang ingin menjadi pemadam kebakaran, semangat dan jangan mudah putus asa ya ! Semoga artikel ini dapat memberi pengetahuan lebih kepada sahabat X-Pose sekalian. “Pantang Pulang Sebelum Api Padam”.

 Sedes Press

Ivo, Putri, Fefe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *