Semangat dan Terus Belajar

Hai Sedesian gimana nih PTSnya? Pada bisa semua atau pada pusing nih karena soalnya susah? Atau banyak yang bisa karena belajar? Ga terasa ya udah seminggu lebih kita mengikuti PTS ini. Doa terbaik untuk nilai kita semua ya, semoga usaha dan harapan kita mendapatkan hasil yang maksimal.

Walaupun melalui layar di rumah kita Bapak Ibu guru tetap semangat mengajar lo, sebaiknya kita pun juga harus semangat jangan sampai kalah dengan guru kita. Tapi kalian pasti masih bingung gimana cara belajar yang efektif waktu PTS? Apalagi kita pembelajaran online lebih banyak keinginan untuk main game, rebahan, bahkan metode belajar SKS (Sistim Kebut Semalam) diterapkan. Disini aku bakal kasih sedikit pengalamanku gimana sih cara belajar supaya bisa fokus dan efektif waktu dimasa online gini:

  1. Membuat tempat yang nyaman di rumah agar bisa fokus belajar

Tak mungkin di pungkiri kadang kita belajar di tempat yang kurang kita sukai pasti bikin cepet bosen, cepet ngantuk dan jatuhnya ga fokus belajar. Maka dari itu kita harus bisa juga mencari tempat yang kita sukai dan dapat membuat nyaman kita saat sedang belajar.

2. Menyusun Target Belajar

Semisal PTS Senin PPKn dan Agama kita harus bisa menyusun target-target yang akan kita capai untuk memahami materi. Ketika kita bisa mencapai target itu berilah self reward kepada diri sendiri semisal snack favorit agar kita senang dalam belajar dan tidak menjadikan belajar sebagai beban.

3. Buat Latihan

Mengerjakan soal latihan adalah kunci berikutnya agar lebih tau sudah sampai mana kita paham dan juga untuk latihan sebelum menghadapi test yang sesungguhnya. Ingat dalam latihan ini jangan puas terhadap soal yang sudah dikerjakan tapi juga harus memahami lebih dalam lagi materi yang ada, siapa tau ada beberapa hal yang terlewatkan.

4. Berikan Jeda

Berilah waktu sekitar 10-15 menit untuk kita istirahat, pasti jenuh banget kalau kita gak beri jeda waktu kita untuk belajar, dan berdampak kita jadi lebih cepat ngantuk dan tidak menangkap apa yang kita pelajari.

5. Hindari Musik dengan Lirik

Pakailah musik yang hanya ada alunan agar kita lebih rileks dan fokus. Jika pakai yang ber lirik apalagi kita tau lirik nya pasti kita akan ikut bernyanyi dan fokus kita terpecah menjadi dua.

6. Baca Ringkasan Materi Sebelum Tidur

Sebelum tidur usahakan baca lagi ringkasan yang sudah di buat agar tidak lupa baru dilanjutkan dengan tidur. Ingat sebelum tidur juga harus berdoa agar mendapat rahmat dan kelancaran dari Allah.

Sekarang kalian semua sudah tau kan gimana cara belajar yang efektif itu bagaimana. Setelah membaca cara—cara yang sudah aku kasih tadi jangan lupa di terapkan ya sobat Xpose, supaya nilai kita bisa semakin bagus dan kita lebih paham akan materi yang sudah di berikan.

Wahhh ternyata begini ya PTS yang ada di SMA Sedes Sapientiae bagi teman-teman kelas X jangan kenal lelah ya. Kalian pasti sudah mengerti pengalaman dari PTS kali ini. Kami harap dengan artikel ini kalian jadi semakin semangat dalam belajar. Tetap produktif ya teman teman setelah PTS jangan lupa mengikuti Expo Pendidikan yang di adakan SMA Sedes Sapientiae yang menghadirkan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Jadi jangan sampai kelewatan dan tetap semangat salam Conseguimento!

Oleh:

Evelyn, Kyla, David

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *