“Transformasi Kreatif: Mengubah Koran Bekas Jadi Busana Bergaya”

Sekitar kita banyak sekali jenis sampah yang perlu dijadikan perhatian khusus. Contohnya sampah kertas buku-buku atau tumpukan koran. Sampah kertas, terutama koran bekas, merupakan salah satu jenis limbah yang bisa didaur ulang dengan mudah loh. Proses daur ulang koran tidak hanya membantu mengurangi jumlah limbah yang mencemari lingkungan, tetapi juga dapat menghasilkan produk kertas yang ramah lingkungan.

Dalam rangka P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) SMA Sedes Sapientiae memanfaatkan koran bekas untuk menghasilkan produk yang seni dan ramah lingkungan. Sebenarnya, kertas daur ulang yang dihasilkan dari koran bekas dapat digunakan untuk membuat berbagai produk kertas seperti kemasan, kertas tulis, atau bahan bikin patung kertas. Namun, kali ini anak-anak membikin gaun dan topi cantik dari bahan kertas koran. Mereka antusias dan berkreasi sesuai imajinasi kelompok masing-masing. Setiap kelompok ada 5/6 anak, raut senang terlihat pada rona mereka.

Stevia dari kelas X 8, menyampaikan bahwa kami bisa berkreasi sesuai yang kami inginkan, serunya lagi nanti hasil gaun dan topi wajib ditampilkan di depan kelas. Ini hal positif sebab mampu melatih kreativitas siswa, percaya diri siswa, mengurangi sampah di rumah , menambah nilai koran bekas menjadi berkelas. Salam P5. Cah2023


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *