Memaknai Hidup dengan Membatik

Motif batik memiliki keragaman bentuk yang menarik dan bermakna mendalam. Motif batik dapat terinspirasi dari dunia hewan, tumbuhan, benda seperti batu, dan sejenisnya. Dalam rangka Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Rabu, 17 April 2024, SMA Sedes Sapientiae mengadakan pelatihan pembuatan batik. Mendatangkan narasumber yang sesuai bidangnya dari Semarang.

Anak-anak kelas X sangat antusias dalam proses membuat desain/ sketsa gambar, menggunakan canting untuk membatik, dan juga saat pewarnaan gambar. Mungkin dari sebagian anak ini baru pertama mereka lakukan, sehingga dengan penuh suka cita semua anak mengikuti dengan serius.

Kegiatan ini mengingatkan kita pada arti dan makna kehidupan. Di dalam  kehidupan, kita biasa membuat sketsa yang berupa rencana sebagai dasar kita melakukan sesuatu. Diibaratkan dengan garis demi garis yang dilukis di atas kain putih ( kemarin membatik kain putih yang berupa tas) begitu pula garis hidup yang kita lewati di kehidupan kita. Kadang lurus, kadang berkelok-kelok. Kadang sesuai sketsa, kadang juga melenceng. Itulah dinamika yang kita lalui setiap waktu.

Begitulah kira-kira kita memaknai proses membatik. Yuk, kita uri-uri praktik membatik ini. Jika bukan kita yang melestarikan, siapa lagi. #Cah04


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *