Raden Ajeng Kartini: Perempuan adalah Pembawa Peradaban

Kartini Zaman Ini ( Siswa-siswi Sedes Sapientiae)

Perempuan adalah pembawa beradaban. Setiap tanggal 21 April selalu diperingati bangsa Indonesia sebagai Hari Kartini. Peringatan ini identik dengan emansipasi wanita. Hari Kartini merupakan peringatan untuk menghormati perjuangan seorang tokoh nasional Indonesia, yakni Raden Ajeng Kartini. Ia berjuang mewujudkan kesetaraan gender dalam semua bidang. Namun, bukan itu saja sebenarnya yang menjadi nilai perjuangan beliau, Kemerdekaan berpendapat, memilih jalan hidup, berprinsip, itulah yang diinginkan sehingga wanita Indonesia dapat merdeka dalam hidupnya. Bebas memilih jalan hidup yang bertanggung jawab.

Kartini Masa Kini ( Siswi Sedes Sapientiae Semarang)

Tidak heran jika saat ini warga negara Indonesia baik pria maupun wanita memiliki kesetaraan dalam hidup dalam berkarya. Presiden, gubernur, bupati, camat, lurah, polisi, profesor, sopir, dan sebagainya sudah ada dari sosok wanita hebat Indonesia. Jika sebelumnya wanita sekadar menjadi konco wingking, tetapi setelah perjuangannya, semua wanita Indonesia bisa dan sudah setara dengan pria kesempatan dalam berkaryanya. Sungguh luar biasa perjuangan beliau ini. Tidak mudah, penuh ujian tentunya saat itu.

Mari, kita mengenang pengorbanan Raden Ajeng Kartini bukan hanya dengan berbusana daerah saat upacara bendera 21 April, pentas peragaan busana, dan sejenisnya. Namun, lebih dari itu. Siswa-siswi wajib berani untuk bermimpi setinggi langit sehingga sukses dalam bidang masing-masing. Bermimpi itu gratis maka bermimpilah seiring sejalan dengan proses berusaha, belajar, berdoa. Tidak ada hal yang mustahil jika kita telah berusaha dan dukungan penuh dari yang di atas.  Selamat menyambut Hari Kartini, 21 April 2024. “Berpikirlah seperti ratu. Seorang ratu tidak akan takut gagal. Kegagalan adalah batu loncatan lain untuk keberhasilan.” – Oprah Winfrey. Cah04


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *