Upacara Hari Kartini 2024, Bersama SMP Maria Mediatrix dan SMA Sedes Sapientiae Semarang

Peserta Upacara Berbaju Daerah

Peringatan hari RA. Kartini selalu diperingati setiap tanggal 21 April. Berhubung 21 April 2024 adalah hari Minggu, maka pesta perayaan dengan upacara bendera di SMA Sedes Sapientiae dilaksanakan pada Senin, 22 April 2024 di lapangan sekolah. Kali ini ada pemandangan istimewa sebab perayaan diikuti oleh keluarga besar SMP Maria Mediatrix beserta keluarga besar SMA Sedes Sapientiae. 

Bergembira Bersama Juri Lomba

Perayaan Hari Kartini memiliki tujuan mengenang kembali  perjuangan yang dilakukan RA. Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita pada masa itu. Selain itu juga bertujuan  untuk menghormati perjuangan RA. Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan gender, terutama dalam bidang pendidikan.

Bapak Ibu Guru

Di lapangan upacara penuh sesak dengan siswa-siswi SMP  Maria Mediatrix dan SMA Sedes Sapientiae beserta seluruh bapak ibu guru dan karyawan. Uniknya semua peserta upacara menggunakan pakaian daerah sebagai wujud mencintai budaya daerah juga kembali mengenang Ibu Kartini yang saat itu selalu memakai pakaian bernuansa daerah. Petugas upacara juga menggunakan pakaian daerah  yang merupakan gabungan petugas dari siswa-siswi SMP dan SMA.

Kartini Masa Kini

Dalam amanat singkatnya, Ibu  Dian Kristin Trie HM, S.Pd, menyampaikan bahwa tema  peringatan hari Kartini adalah “ Perempuan Bangkit, Indonesia Maju.” Beliau menyampaikan bahwa perempuan Indonesia sudah memiliki peluang yang sama dengan pria dalam menggapai cita-citanya. Di Indonesia sudah pernah ada presiden perempuan, menteri, gubernur, bupati, dan jabatan strategis lain yang berisi perempuan hebat Indonesia. Maka, teruslah belajar dan inspirasilah semangat Kartini dalam hidup kita.

Kebersamaan dalam Nuansa Kartini

Ingat, bahwa kebahagiaan perempuan yang paling tinggi, sejak berabad-abad yang lalu bahkan juga sampai saat ini adalah hidup selaras bersama laki-laki. – R. A. Kartini

Selamat Hari Kartini tahun 2024. Tetap semangat dan semakin jaya. #Cah04


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *